Senin

Jenis - Jenis Kulit Wajah

     Kulit wajah merupakan suatu karunia dari sang pencipta yang harus kita jaga. Apalagi kita sebagai wanita pasti menginginkan kulit wajah yang sehat dan terawat agar terlihat cantik setiap saat. Namun semua itu hanya di dapat dengan rajin melakukan perawatan wajah dengan telaten. Dan tentu saja produk yang digunakan harus sesuai dengan tipe kulit wajah kita. Oleh karena itu kita harus tau bagaimana kondisi dan jenis kulit wajah kita sendiri sehingga kulit wajah mendapatkan perlakuan yang tepat.

Kulit Normal

Kulit normal merupakan jenis kulit yang gampang untuk dirawat karna tidak gampang "rewel". Kulit jenis ini tidak terlalu berminyak dan juga tidak terlalu kering, Karena kelenjar sebacea mengeluarkan minyak (sebum) secara seimbang. Kulit normal biasanya terlihat sehat, lembut, lembab, halus, mulus, segar bercahaya, terlihat kenyal serta tidak berminyak maupun kering. Dan kulit normal biasanya jauh dari masalah kulit. Namun kulit ini harus tetap dirawat dan dibersihkan agar tidak menyebabkan masalah kulit.

Kulit Kering 

Kulit kering terlihat tidak mengkilap, mulus dan memiliki pori-pori yang tertutup serta terasa kencang. Kulit kering memiliki ciri yang terlihat halus namun kasar dan bertekstur tipis. Tapi kulit jenis ini gampang sekali mendapatkan kerutan seperti di sekitar mata, pipi dan bibir. Sehingga pemilik kulit ini harus melakukan ekstra perawatan agar tidak cepat keriput. Kulit kering bisa disebabkan oleh genetik (keturunan) dan struktur kulit yang memiliki produksi minyak yang rendah. Bisa juga disebabkan oleh pola makan yang kurang sehat, faktor lingkungan, dan juga bisa karena penyakit kulit.

Kulit Berminyak 

Kulit jenis ini disebabkan oleh kelenjar sebacea yang memproduksi minyak berlebih sehingga wajah terlihat mengkilap, pori-pori besar, minyak berlebih di area T. Dengan demikian kulit berminyak rentan berjerawat karena kotoran yang mudah menempel di kulit wajah. Kulit berminyak bisa terjadi karena faktor keturunan dan faktor hormonal yang tidak seimbang. Selain itu bisa juga karena faktor udara yang terlalu panas atau terlalu lembab, terlalu banyak memakan makanan yang berminyak, kosmetik yang tidak cocok, penggunaan pembersih wajah yang terlalu keras, atau karena terlalu sering mencuci wajah sehingga merangsang kelenjar minyak untuk memproduksi lagi. Namun kulit berminyak memiliki beberapa kelebihan. Yakni, Kulit lebih lambat menua, kulit terlihat lebih fresh, dan kulit wajah tidak mudah bersisik.

Kulit Sensitif 

Kulit jenis ini biasanya sangat rewel karena sangat peka terhadap rangsangan dan juga mudah alergi. Kulit sensitif bisa disebabkan oleh faktor makanan, kafein, niasin, sinar ultra violet, stress, dan gangguan-gangguan lainnya. Gangguan kemerahan, rasa gatal, dan perih pada kulit wajah biasanya itu menandakan kulit wajah yang sensitif.

Kulit Kombinasi 

Tipe kulit ini terjadi karena produksi kelenjar minyak yang tidak merata pada area wajah. Kulit jenis ini biasanya berminyak di daerah T dan kering atau sensitif di area lain. Tekstur kulit juga berbeda di area yang berminyak dan yang kering.

Tips Kulit Berminyak

Untuk perawatan di tiap-tiap jenis kulit wajah tentulah berbeda. Saya pribadi memiliki kulit wajah berminyak dan sangat rentan jerawatan jika semalam saja malas mencuci muka. Jadi untuk membersihkan wajah setelah memakai make up saya menggunakan pembersih wajah Pixy Cleansing Express dan kemudian lanjut pembersihan tahap kedua dengan Clean and Clear Active Clear bikin jerawat minggat.

Nah setelah mengetahui jenis kulit wajah yang kita miliki lakukanlah perawatan yang tepat dan sesuai dengan jenis kulit kita sehingga kulit menjadi sehat dan terawat. Jangan sampai salah perawatan ya.
Load disqus comments

0 Comments