7 Minuman Penurun Kolesterol Jahat yang Enak, Sehat dan Menyegarkan

Minuman Penurun Kolesterol
Sumber: Domashnie-hitrosti.ru

Kolesterol masuk dalam penyakit berbahaya yang disebabkan oleh gaya hidup tak sehat. Terlebih seperti zaman yang serba ienstan seperti sekarang ini. Berbagai makanan siap saji dan berbagai kemudahan yang bisa didapat dalam genggaman membuat kita makin sedikit untuk bergerak. Malas berolahraga diiringi dengan hobi makan makanan tidak sehat berlemak tinggi menyebabkan kita makin berpeluang tinggi terkena kolesterol.

Kalau penyakit kolesterol sudah bersarang dalam darah, maka solusinya hanya dengan menjalani gaya hidup sehat. Kalau tidak, kolesterol bisa mengundang berbagai penyakit berbahaya lainnya seperti jantung dan stroke. Hal ini terjadi karena kolesterol jahat dalam menyumbat aliran darah sehingga peredaran darah dalam tubuh tidak berjalan baik. Nggak mau kan, usia masih mudah tapi sudah dihinggapi kolesterol?

Sebelum terjadi sebaiknya cegah dengan mulai konsumsi makanan sehat dan rajin berolahraga. Tapi kalau sudah terjadi, yang bisa dilakukan hanyalah menjaga agar kolesterol tidak naik. Salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi minuman yang dapat menurunkan kadar kolesterol darah. Apa saja minuman sehat penurun kolesterol ini?

1. Jus Lemon

jus lemon penurun kolesterol
Sumber: Blog.comfy.ua

Dalam lemon terkandung vitamin C yang tinggi yang bermanfaat untuk mencegah kolesterol tinggi, hipertensi, aterosklerosis (penumpukan lemak pada) ada dinding arteri. Nah zat yang akan melawan kolesterol jahat dalam tubuh dari lemon ini adalah limonon, flavonoid, eriocitrin. Selain itu lemon ini juga mengandung antioksidan yang tinggi sehingga bagus untuk dikonsumsi sehari-hari.

2. Jus Tomat

jus tomat untuk menurunkan kolesterol
Sumber: Bestvietnam.ru

Minuman penurun kolesterol berikutnya adalah tomat yang dengan mudah kita temukan dengan harga yang murah. Bagi penderita kolesterol, tomat bisa diandalkan untuk menurunkan kadar kolesterol jahat. Tomat bekerja dengan memaksimalkan penyerapan likopen dalam tubuh. Likopen inilah yang akan melindungi tubuh kita dari kolesterol jahat.

3. Jus Apel

manfaat jus apel untuk menurunkan kolesterol
Sumber: O-krohe.ru

Jus apel juga bagus dimanfaatkan untuk menurunkan kolesterol. Dalam ael terkandung betaglucan yang akan bekerja untuk mengendalikan kadar kolesterol dalam tubuh. Sebagai sumber serat alami, apel juga dapat mencegah pengerasan pada arteri sehingga tubuh kita terhindar dari resiko stroke dan serangan jatung. Selain dijadikan jus, apel juga bisa dimakan langung ya!

4. Teh Hijau

teh hijau menurunkan kolesterol
Sumber: Avatars.mds.yandex.net

Teh hijau juga masuk dalam daftar minuman penurun kolesterol yang tidak hanya baik untuk diet karena mampu membasmi lemak jahat yang bersarang dalam tubuh. Namun juga dapat membuat kolesterol dalam tubuh berkurang. Dalam teh hijau ada kandungan katekin yang bekerja dengan menghambat penyerapan kolesterol dalam tubuh. Antioksidan dalam teh hijau juga berkhasiat untuk mengurangi resiko pembekuan darah.

5. Teh Jahe

teh jahe penurun kolesterol
Sumber: Az-jenata.bg

Sebuah penelitian mengatakan bahwa dengan rutin meminum teh jahe selama 3 bulan, dapat menurunkan kadar kolesterol jahat lho! Kandungan zat dalam jahe dikenal ampuh untuk melawan kolesterol. Teh jahe ini bisa diminum 2 kali sehari saat pagi dan sore. Tuk basmi kolesterol dengan teh jahe!

6.  Jus Alpukat

jus alpukat untuk menurunkan kolesterol
Sumber: I.on5yirmi5.com

Alpukat mengandung asam lemak tak jenuh yang akan melawan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Banyak orang yang takut gemuk mengkonsumsi buah alpukat. Padahal buah ini justru bagus untuk menjaga tubuh terhindar dari obesitas jika dikonsumsi dengan benar. Caranya? Konsumsilah buah alpukat tanpa campuran gula dan susu kental manis.

7. Yoghurt

yoghurt penurun kolesterol
Sumber: Ds05.infourok.ru

Yoghurt memang minuman penurun kolesterol dari olahan susu namun yang telah difermentasikan sehingga memberikan cita rasa asam yang menyegarkan. Dalam yoghurt terkandung bakteri asam laktat yang akan menjaga sistem pencernaan tetap sehat. Nah, yang menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh dari yoghurt ini adalah probiotiknya.

Itulah 7 minuman penurun kolesterol yang sehat dikonsumsi secara rutin. Ternyata meski dalam proses menjaga dan menurunkan kolesterol, kita masih bisa menikmati minuman penurun kolesterol yang enak. Kita juga bisa kok mengkonsumi minuman yang dapat menurunkan kolesterol ini sebagai langkah untuk pencegahan. Yuk, jalani hidup sehat!