7 Cara Mengatasi Jerawat di Dagu, Mudah dan Ampuh!

Cara Mengatasi Jerawat di Dagu
Sumber: rachaelrayshow.com

Jerawat jika tidak diatasi dengan baik bisa membuatnya semakin parah. Jerawat yang sudah parah makin sulit disembuhkan dan akan meninggalkan bekas bahkan bopeng yang terkadang juga sulit hilang meski telah melakukan berbagai treatment.

Itu pun dengan biaya yang mahal dan terkadang bopeng pada wajah tetap saja sulit dihilangkan. Jadi sebelum semuanya terlambat, ketahui cara mengatasi jerawat di dagu yang benar dan tepat. Berhati-hati juga dalam menggunakan obat jerawat, ya! Perhatikan aturan pemakaian agar tidak timbul masalah lainnya.

Nah, bagaimana cara mengatasi jerawat yang sering muncul di dagu ini? Tentunya hampir sama dengan cara membasmi jerawat pada umumnya. Berikut adalah beberapa cara atasi jerawat yang bisa kamu lakukan agar jerawat di wajah segera lenyap.

1. Cuci Wajah dengan Sabun Pembersih Wajah

Cuci Wajah dengan Sabun Pembersih Wajah
Sumber: today.com

Hal rutin yang harus kamu lakukan untuk mengatasi jerawat di dagu adalah dengan mencuci wajah menggunakan sabun pembersih wajah yang kandungan bahannya ringan. Sebaiknya gunakan sabun wajah yang dikhususkan untuk mengatasi masalah jerawat. Atau kamu juga bisa gunakan cleanser anti acne sebelum mencuci wajah.

2. Gunakan Salep Jerawat

atasi jerawat di dagu gunakan salep jerawat
Sumber: verywellhealth.com

Jerawat yang sedang merah dan meradang akan menimbulkan nyeri yang membuat kita jadi tidak nyaman. Cara ampuh mengatasi jerawat meradang ini adalah dengan mengoleskan salep khusus jerawat. Yakni salep yang mengandung retinoid atau benzoil peroksida.

Salep jerawat ini bisa kamu temukan di apotik, namun jika jerawat kamu memang parah sebaiknya konsultasi dulu ke dokter kulit untuk menghindari efek samping.  Karena salep atau krim jerawat mengandung zat aktif yang sekaligus bisa membuat rasa nyeri berkurang.

3. Jangan Pencet Jerawat

atasi jerawat di dagu Jangan Pencet Jerawat
Sumber: paradisospasalon.com

Salah satu kebiasan yang sering dilakukan saat jengkel dengan jerawat di dagu adalah memaksa jerawat meletus sebelum matang dengan cara memencet atau menusuk dengan jarum. Hal ini keliru lho!

Justru kebiasaan ini akan menyebabkan jerawat kering lebih lama karena saat memegang dan memencet jerawat ada risiko bakteri berpindah dan menginfeksi jerawat, Akhirnya jerawat pun jadi lebih parah.

4. Kompres Jerawat

atasi jerawat di dagu Kompres Jerawat
Sumber: makeuppalley.com

Mengompres jerawat bisa kamu lakukan untuk cara mengatasi jerawat di dagu ini. Efek dingin bisa menenangkan jerawat yang sedang meradang. Yang bisa kamu lakukan adalah dengan membungkus es batu dengan kain bersih lalu komprekan pada jerawat kurang lebih selama lima menit.

5. Perbanyak Konsumsi Sayur, Buah, Biji-bijian dan Kacang-kacangan

Konsumsi Sayur, Buah, Biji-bijian dan Kacang-kacangan
Sumber: aarp.org

Konon katanya makan kacang bisa menyebabkan jerawata. Benarkah? Justru saat berjerawat kita dianjurkan untuk mengkonsumsi kacang-kacangan, biji-bijian, buah dan sayur lebih banyak.

Namun, kacang yang dikonsumsi jangan yang digoreng, sebaiknya konsumsilah kacang panggang yang lebih sehat. Ketiga jenis makanan ini berguna untuk mengontrol kadar insulin dalam tubuh yang memicu penyumbatan pori pada wajah.



6. Pakai Tabir Surya

atasi jerawat di dagu Pakai Tabir Surya
Sumber: tinystep.in

Saat terpapar sinar matahari, jerawat yang ada di wajah dapat menjadi lebih parah. Karena itu kita membutuhkan tabir surya untuk melindungi kulit wajah dari efek buruk sinar matahari. Kamu harus gunakan produk tabir surya yang sesuai dengan kulit wajah kamu dan kandungan formulanya yang ringan.

7. Tidur Cukup dengan Teratur

atasi jerawat di dagu Tidur Cukup dengan Teratur
Sumber: timesofindia.indiatimes.com

Cukup tidur dapat mengurangi stres, karena itu usahakan untuk tidur dengan teratur ya! Stres akan memicu meningkatnya hormon glukokortikoid yang akan mengganggu struktur kulit yang juga bisa memicu timbulnya jerawat. Nah, kamu yang biasa begadang, mulailah untuk tidur teratur ya agar jerawat bisa teratasi.

Itulah 7 cara mengatasi jerawat di dagu dan di daerah lainnya pada kulit. Memang, mengatasi jerawat tidak bisa instan, jadi kamu harus melakukannya dengan rutin dan telaten ya!